21 February 2016

require()



require() adalah bentuk konstruksi yang digunakan untuk menggabungkan suatu script PHP atau teks dari file lain dengan script PHP yang memanggilnya. Script atau file yang digabung tidak harus berisi script/kode program PHP. Jika script atau file yang digabungkan berupa script maka PHP akan mengevaluasi dan mengeksekusinya.

Teknik require() cocok untuk membuat template (pola) yang memudahkan proses pengembangan aplikasi dengan menggunakan pola tampilam. Pemrogram dan desainer web dapat dengan mudah melakukan kerja tim untuk membangun suati situs web, karena umumnya desainer web akan memberikan pola dan menyediakan gambar-gambar yang dibutuhkan untuk diprogram dengan HTML dan PHP untuk membentuk halaman web yang telah dirancang oleh desainer web.

Contoh:
Diinginkan tampilan untuk halaman web yang kita bangun akan mempunyai konsistensi pada layout, bahwa ada header dan ada footer, pada bagian tengah adalah isi. Untuk itu kita dapat membagi untuk bagian header dan footer kita buat sebagian file tersendiri. Setiap halaman yang akan ditampilka dapat memanggil (menggabungkan) header dan footer ini dengan menggunakan require.


Nama file : header.php
<html>
<head>
  <title>Demo require - Fix Template</title>
</head>
<body>
<h1>Demo Portal</h1>
Berisi informasi demonstrasi-demonstrasi
<br>

Nama file : footer.php
<p>&nbsp;
</p>
<hr>
</small>&copy;1996 - By Rasmus Lerdorf</small
</body>
</html>
Berikutnya pada saat kita membuat halaman web, makan fokus kita hanya pada isi. Header dan footer dapat dengan mudah dipanggil dengan require().

Nama file : demoportal.php
<?php require("header.php");?> <hr>
Selamat Datang
<p>
Portal Demo adalah portal tentang demonstrasi baik politik atau pun aplikasi PHP yang sedang kita pelajari bersama. </p>
Demo tentang <a href="demophp.php">PHP</a> menunjukan bagaimana contoh-contoh aplikasi yang telah kita buat dapat disajikan agar mudah dilihat dan dipelajari.
<?php require("footer.php");?> 

0 komentar:

Post a Comment